Belajar VB Untuk Pemula (Koneksi Database Access Ke VB6)

Hai sobat yadishare mumpung sedang libur saya akan mencoba menulis sebuah artikel mengenai visual basic 6. Temanya kali ini adalah tutorial bagaimana cara menghubungkan database microsoft access ke dalam aplikasi vb6 sekaligus menampilkan data yang ada di salah satu tablenya ke dalam datagrid dan mshflexgrid menggunakan control ADODC tanpa menuliskan code atau coding apapun.

Sebelum kita bisa menampilkan data yang ada di dalam database microsoft access, kita harus membuat database dan tablenya terlebih dahulu ya. Di sini saya asumsikan kita sudah membuat database, table, dan table yang akan kita gunakan ini sudah memiliki data. Jadi kita tinggal mengkoneksikan dan menampilkan datanya saja ke dalam visual basic.

VB6-TUTORIAL-Showing-Microsoft-Access-Database-no-code

Ok, pertama kita buat dulu sebuah koneksi database menggunakan ODBC. Kenapa kita menggunakan ODBC ? Karena ini adalah salah satu cara termudah dan tercepat yang dapat kita lakukan untuk menghubungkan berbagai macam database. Seperti access, sql server, mysql, postgresql dan lain-lain. Namun untuk mysql dan postgresql membutuhkan sebuah odbc connector tersendiri yah.

Pertama kita buat koneksi database menggunakan odbc. Ketikkan odbc di bagian search kalau kalian menggunakan windows 10, atau dari control panel > administrative tools untuk windows-windows versi dibawahnya juga dapat kalian temukan dengan cara seperti itu.

odbc1.png

 

Pada tab system dsn klik button add. Kemudian pilih nama driver untuk data source menjadi Microsoft Access Driver (*.mdb) seperti gambar berikut ini :

odbc2.png

Klik button Finish. Pada layar ODBC Microsoft Access Setup, isikan nama data source yang ingin kita gunakan. Misalnya disini saya namakan barang. Kemudian click button select… Pada layar select database, tentukan dan pilih database access yang akan kita gunakan. Pada contoh ini, silahkan kalian lihat gambar di bawah ini :

odbc3.png

Jika sudah, click OK sampai selesai. Nah sampai disini kita baru saja membuat koneksi odbc menggunakan database access. Sekarang kita mulai masuk ke dalam visual basicnya. Buka IDE visual studio 6 kalian dan tambahkan 3 buah control ke dalam formnya. Control yang kita akan gunakan adalah : ADODC, datagrid dan mshflexgrid. Nah kalau sudah tampilannya kira-kira akan menjadi seperti ini :

odbc4.png

Klik kanan pada control ADODC dan pilih ADODC properties. Pada tab general pilih use connection string dan klik build. Arahkan koneksi ke odbc database barang yang telah kita buat sebelumnya.

odbc5.png

 

Kemudian pada tab RecordSource, di bagian command type dan tablenya atur dan sesuaikan seperti gambar di bawah ini :

odbc6.png

Selesai. Sekarang kita tinggal hubungkan datagrid dan mshflexgridnya ke ADODC control tersebut. Atur properties datasource dari masing-masing control di atas menjadi ADODC1. Kemudian klik kanan dan pilih Retrieve Structure seperti gambar di bawah ini yah :

odbc7.png

Selesai. Sekarang jalankan program vb tersebut dengan cara menekan tombol F5. Mudah kan ? Kalau misalnya teman-teman yang masih sangat pemula mungkin akan sedikit bingung setelah membaca tutorial di atas. Tapi tenang saja, saya sudah siapkan video tutorialnya kok disini :

Oke selamat menonton dan mencoba sendiri yah dirumah. Jangan lupa di like videonya, di share videonya dan di subscribe channel saya tersebut. Silahkan tinggalkan komentar apabila ada pertanyaan. Sampai jumpa 🙂

Tinggalkan komentar